Perkembangan Transportasi Publik di Indonesia Berbasis Tenaga Listrik

SiberKota.com, Tangerang Selatan – Perkembangan teknologi di Indonesia saat ini memiliki kemajuan yang sangat pesat salah satunya dalam bidang Transportasi Publik. Belum lama ini, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengoperasikan bus listrik sebagai armada barunya.

Perkembangan Transjakarta memiliki dampak yang menguntungkan untuk masyarakat. Kelebihan dari bus listrik adalah terciptanya inovasi kendaraan umum yang lebih baik dan bermanfaat untuk masyarakat.

Beberapa manfaat dari transportasi bus listrik adalah mengurangi polusi udara, tarif yang relatif murah, serta layanan yang nyaman dan aman.

Bus listrik ini pertama kali pengoperasiannya di Indonesia dengan keuntungan lebih ramah lingkungan karena kendaraan listrik tidak menghasilkan emisi gas, berbeda dengan kendaraan konvensional yang mengeluarkan sisa pembakaran dari bahan bakar minyak, kendaraan listrik tidak memiliki emisi tersebut. Oleh karena itu, kendaraan listrik dapat mengurangi emisi gas buang yang berdampak negatif terhadap lingkungan.

“Bus listrik memiliki potensi dalam menurunkan polusi suara hingga 28% dibandingkan pada bus diesel, emisi CO² pada gas buang bus listrik dapat berkurang hingga 50,3% dan level efisiensi energi pada bus listrik memiliki potensi 5 (lima) kali lebih tinggi dibandingkan pada bus diesel, jadi dengan bus listrik ini kita mengurangi emisi karbon, sekaligus di saat yang sama mengurangi jumlah kendaraan pribadi di jalanan,” ujar Anies Baswedan

Bukan hanya mengurangi polusi udara saja, transportasi bus listrik juga memiliki tarif yang relatif murah dengan membayar Rp. 3.500 sudah bisa menikmati transportasi yang begitu modern.

Pada metode transaksinya juga sudah menggunakan uang digital atau non tunai hingga tidak ada nya transaksi di tengah jalan yang menimbulkan kemacetan lalu lintas.

“Saat ini kami sudah mengoperasikan armada rendah emisi untuk rute Senen-Bundaran Senayan (1P) yang siap melayani masyarakat mulai pukul 05.00-21.30 WIB dengan tarif reguler Rp. 3.500 sekali jalan. Ke depan, semua armada akan beralih menjadi bus listrik secara bertahap. Mari menjadi saksi perubahan besar pada layanan transportasi berbasis bus,” kata PLT. Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan dan Humas PT Transjakarta, Angelina Betris.

Saat menggunakan transportasi publik, banyak masyarakat yang merasakan cemas karena banyak terjadinya tindakan kriminal yang sering terjadi di tempat keramaian seperti pelecehan seksual, pencopetan, dan lain-lain.

Karena hal tersebut, terkadang banyak sekali orang yang segan untuk menggunakan transportasi publik.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Transjakarta berusaha untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pengguna dengan memfasilitasi CCTV.

Kemudian, Transjakarta juga mempersiapkan petugas layanan di setiap bus yang bertugas untuk mengatur para penumpang, menjadi sumber petunjuk bagi penumpang yang tidak memahami rute perjalanan dan mengawasi apabila terjadinya tindakan kriminal.

Bukan hanya itu, transportasi ini tersedia kursi prioritas untuk penumpang difabel, wanita hamil, lansia, dan orang tua yang membawa anak-anak. Hal tersebut dibuat untuk memberikan kenyamanan dan keamanan para penumpang Transjakarta.

Perkembangan TransJakarta berbasis listrik adalah langkah penting menuju masa depan transportasi yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Meskipun menghadapi sejumlah tantangan teknis dan operasional, manfaat jangka panjangnya bagi lingkungan dan efisiensi energi sangat signifikan.

Dengan komitmen yang kuat dari pemerintah dan dukungan masyarakat, Jakarta dapat mewujudkan kota yang lebih ramah lingkungan, meningkatkan kualitas hidup warganya, serta memberi contoh positif bagi kota-kota lainnya.

Baca berita SiberKota lainnya, di Google News

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.