Kampung Tanah Merah Koja Menjadi Pilot Project IMB Satu kawasan

Siberkota.com, JakartaGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Sabtu (16/10/2021) resmikan Kampung Tanah Merah, Rawa Selatan, Koja, Jakarta Utara. Kawasan tersebut diklaim sebagai wilayah pertama di Indonesia yang menerapkan izin mendirikan bangunan (IMB) berbentuk kawasan.

“Izin mendirikan bangunan sebagai satu kawasan, bukan diberikan per bangunan. Tapi diberikan per RT, satu RT dalam satu kawasan. Ini pertama kali di Indonesia ada IMB berbentuk kawasan,” ujar Anies di Tanah Merah, Rawa Selatan, Koja, Jakarta Utara, Sabtu (16/10/2021).

Anies mengatakan IMB kawasan tersebut merupakan solusi dari pemerintah mengenai persoalan yang dihadapi masyarakat dalam mengakses berbagai perizinan bangunan.

“Kemudian warga di sini merasakan kesulitan untuk akses perizinan bangunan-bangunannya tidak memiliki izin. Pemprov DKI bekerja, berdiskusi mencari solusi lalu muncullah solusi IMB kawasan sebagai satu kawasan,” ucapnya.

Lebih lanjut, Anies mengatakan penataan kawasan Kampung Tanah Merah akan menjadi contoh untuk pemenuhan hak dasar warga Jakarta. Ia mengatakan pemenuhan hak dasar dalam hal penataan kawasan tersebut dapat dijalankan dengan melalui proses hukum yang berlaku.

“Seninya adalah bagaimana bisa mencari jalan keluar ketika kebutuhan dan peraturan yang ada tidak ketemu di situlah letak tugas dari pribadi-pribadi yang ada di pemerintahan untuk mencari jalan keluar,” tuturnya.

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.