Gempa Guncang Kabupaten Lebak, Belum Ada Laporan Korban Jiwa

SiberKota.com, Lebak – Gempa berkekuatan 5,9 Magnitude mengguncang Kabupaten Lebak dan sekitarnya pada Rabu 3 Januari 2024.

Hasil rilisan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa terletak di 7.57 Lintang Selatan, 106.14 Bujur Timur, dengan kedalaman 74 Kilometer, sekitar 72 Kilometer Barat Daya Bayah-Banten.

Febby Rizki Pratama, Kepala Pelaksana BPBD Lebak menyampaikan, gempa terasa di seluruh kecamatan Kabupaten Lebak.

Febby mengungkapkan, dari 28 Kecamatan di Kabupaten Lebak, 25 Kecamatan merasakan gempa dengan intensitas II MMI.

Sementara di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Bayah, Cibeber, dan Cilograng, mencapai IV MMI. Namun, berangsur kondusif dan normal kembali.

“Di tiga kecamatan itu memang banyak masyarakat yang kaget dan berhamburan keluar rumah,” kata Febby di Kantor BPBD, Rabu (3/1).

Feby mengungkapkan, akibat dari gempa ini, terdapat dua rumah mengalami kerusakan ringan di Desa Banjar Irigasi dan Desa Kandangsapi.

“Update pukul 10.00 WIB ini ada dua rumah yang terdampak gempa tadi pagi,” ungkapnya.

Kekinian, Febby menyatakan bahwa relawan sudah berada di lokasi kejadian untuk berkoordinasi dan memberikan bantuan logistik.

Febby juga mengungkapkan, hingga kini belum ada laporan korban jiwa dari Gempa yang mengguncang Kabupaten Lebak ini.

Namun, lanjut Febby, pihaknya terus mendata, serta menyediakan bantuan darurat.

“Saat ini kita masih menunggu ada berapa rumah lagi yang terdampak. Untuk korban jiwa tidak ada, kita juga terus mendata. Hari ini juga kita kirimkan bantuan kedaruratan untuk rumah rumah yang terdampak,” paparnya.

Kedepannya, pihak BPBD akan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk menentukan langkah-langkah bantuan jangka panjang.

“Jangka panjangnya kita akan koordinasi dengan Pemda, apakah dibantu atau seperti apa nanti kita lihat dari kebijakannya,” pungkasnya.

Baca berita SiberKota lainnya, di Google News

You might also like
1 Comment
  1. […] SiberKota.com, Serang – Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Provinsi Banten Prabowo-Gibran, Airin Rachmi Diany menghadiri Konsolidasi Indonesia Maju (KIM) di Kabupaten Serang. […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.