Akses Air Bersih KSB Diputus Lagi oleh PT Jakpro, Ini Solusi Warga!

SiberKota.com, Jakarta – Akses air bersih bagi warga yang menempati Kampung Susun Bayam (KSB) diputus lagi oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

Salah seorang warga KSB, Muhammad Furqon mengungkapkan bahwa pemutusan air bersih ini pada Senin (10/1) pukul 15.00 WIB.

Sebelumnya, Furqon bersama tiga orang warga lainnya, mendapati panggilan dari Polres Jakarta Utara untuk mediasi dengan pihak PT jakpro.

Namun, saat Furqon pulang usai mediasi, warga hunian KSB tidak mendapatkan lagi akses air bersih.

Padahal, akses air bersih tersebut merupakan fasilitas umum bagi siapa saja yang tinggal di dekat hunian KSB.

Lebih parahnya, warga KSB yang mengambil akses air bersih, diduga menjadi perkara pidana baginya.

“Katanya kita nyolong gitu. Kalau mau, yang memanfaatkan itu juga di laporkan semua lah, bukan kita saja,” kata Furqon, Rabu (10/1).

Kekinian, yang bisa menikmati air bersih itu hanyalah orang yang bekerja. Pasalnya, itu hanyalah fasilitas proyek.

“Ya, sekarang mati. Karena fasilitas proyek, ya mereka ambil dari dalam kan, gitu,” ucapnya.

Warga KSB Bikin Galian Sumur

Demi memenuhi kebutuhan dasar hidup, warga KSB akhirnya bersama-sama mencari solusi, dengan cara membuat galian sumur.

Hal tersebut mereka lakukan, karena warga asli penduduk di situ kebanyakan petani. Jadi, sudah terbiasa memakai air tanah dari galian sumur.

“Memang dari awal kita sudah buat (galian sumur) semenjak datang kesini, karena walau bagaimanapun tanaman kan musti kita rawat,” ungkapnya.

Furqon mengklaim, tindakan yang sudah warga KSB lakukan di sekitaran hunian adalah merawat lingkungan, bukan aksi penyerobotan apalagi pengrusakan.

“Kami di sini merawat. Akses air tidak ada, ya kita pakai air sumur. Gak ada yang namanya kita merusak, punya kita sendiri kan, gak mungkin gitu,” tandasnya.

Perlu diketahui, sebelum warga eks Kampung Bayam menempati hunian KSB, fasilitas seperti lampu dan air bersih menyala selama 24 jam dinyalakan.

Namun, setelah keberadaan warga eks Kampung Bayam, PT Jakpro memutus semua akses fasilitas-fasilitas yang ada di hunian KSB.

Baca berita SiberKota lainnya, di Google News

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.