Warga Kota Cilegon Adukan Penipuan Bansos UMKM, Catut Dinsos Provinsi Banten

SiberKota.com, Kota Cilegon – Salah seorang warga Kota Cilegon, Nuraeni mengadukan adanya dugaan penipuan pemberian bantuan sosial (bansos) untuk para pelaku UMKM.

Aduan penipuan bansos UMKM tersebut, Nuraeni tujukan kepada Dinas Sosial Kota Cilegon, sebab penipu mencatut nama Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Banten.

Nuraeni menyebutkan bahwa ia sering bertemu dengan terduga penipu yang bernama Ryan itu, di acara-acara UMKM.

Pasalnya, terduga penipu mengaku sebagai petugas dari Kementerian Sosial RI pada perwakilan Provinsi Banten.

“Saya bertemu Pak Ryan ini sering ada di acara-acara UMKM,” katanya di Kantor Dinas Sosial Kota Cilegon, Rabu (7/2).

Modus Pelaku

Berdasarkan cerita dari Nuraeni, modus operandi yang pelaku lakukan ialah dengan cara melakukan verifikasi data UMKM di tiga lokasi.

Kategori mangsa yang palaku incar ialah pelaku UMKM lanjut usia (lansia), janda, dan yatim di Kabupaten Serang dan Kota Cilegon.

“Kebetulan dia meminta untuk mendata pelaku UMKM kecil, khususnya lansia, janda dan yatim se-Kabupaten Serang dan Kota Cilegon,” terangnya.

Kemudian, pelaku akan mengiming-imingi korban akan mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp. 2,4 Juta per Kepala Keluarga (KK).

Namun, sebelum mendapatkan bantuan, korban harus menjalankan syarat yang pelaku berikan. Salah satu syaratnya ialah uang sebesar Rp. 500 Ribu.

“Akhirnya saya mendata di (Kecamatan) Citangkil Kota Cilegon dulu. Dia juga minta lagi (uang), karena saya aktif di kegiatan sosial,” tutupnya.

Baca berita SiberKota lainnya, di Google News

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.