Simak! Dinas Kominfo Tangsel Permudah Sistem Penerimaan PPDB Online

SiberKota.com, Tangsel – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) telah mengubah paradigma tradisional pendaftaran sekolah menjadi lebih efisien dan transparan pada pengenalan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online.

Dinas Kominfo Tangsel juga telah melakukan berbagai persiapan dan dukungan untuk mewujudkan harapan masyarakat sebagai orang tua, siswa, guru, maupun Pemkot Tangsel pada umumnya.

Kekinian, proses pendaftaran sekolah yang lebih mudah dan terjangkau telah menjadi kenyataan bagi warga Tangsel.

Kepala Dinas Kominfo Tangsel, Tb. Asep Nurdin mengatakan, sistem PPDB online ini tidak hanya memudahkan proses pendaftaran, tetapi juga meningkatkan aksesibilitas bagi masyarakat.

“Penerapan sistem PPDB online merupakan langkah penting dalam upaya meningkatkan aksesibilitas pendidikan bagi seluruh warga Tangerang Selatan,” ujarnya, Kamis (5/6).

Tb. Asep mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan beberapa perangkat dalam mewujudkan aksesibilitas pendidikan ini.

Seperti halnya menyiapkan infrastruktur server, pengembangan aplikasi PPDB berbasis website, dan keamanan informasi aplikasi dan data.

Kemudian, diseminasi informasi terkait PPDB, serta pengawasan bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Tangsel agar pelaksanaan PPDB berjalan dengan lancar.

Dengan adanya PPDB berbasis website yang Dinas Kominfo Tangsel kembangkan ini, berbagai manfaat bisa para orang tua, siswa dan pihak sekolah dapatkan.

Hanya dengan menggunakan perangkat yang terhubung ke internet, seperti ponsel pintar atau komputer, maka semua bisa mendapatkan informasi terkini tentang perkembangan proses seleksi, kuota penerimaan, persyaratan pendaftaran, prosedur serta hasil seleksinya dengan lebih mudah dan cepat secara transparan.

Hal ini tidak hanya mengurangi kebingungan dan kecemasan yang sering terjadi selama proses PPDB.

Melainkan, juga menghilangkan antrian panjang dan proses administrasi yang memakan waktu, serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap keadilan sistem.

“Sejak peluncuran, kita terus mengembangkan sistemnya supaya bisa lebih efektif lagi, lebih efisien, semakin akurat datanya, dan semakin mudah diakses bagi orangtua, pihak sekolah dan siswa tentunya,” ungkapnya.

Sistem PPDB online ini, ucap Tb. Asep, tidak hanya sekadar mengubah cara pendaftaran sekolah.

Namun, juga mewakili komitmen pemerintah kota untuk memajukan pendidikan di wilayah tersebut.

Menurutnya, penggunaan teknologi dalam bidang pendidikan terbukti memberikan manfaat yang besar dalam meningkatkan efisiensi dan keterbukaan.

Tb. Asep menyatakan, pihaknya akan terus berupaya untuk memperbaiki dan memperluas sistem PPDB online, serta terus berinovasi dalam proses pendidikan yang lebih baik dan inklusif.

“Kami berharap dengan adanya sistem ini, proses pendaftaran sekolah akan menjadi lebih mudah dan setiap anak mendapatkan kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan berkualitas,” pungkasnya.(Adv)

Baca berita SiberKota lainnya, di Google News

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.