siberkota
Berita Terkini Hari Ini

Porwanas XIII Jatim Resmi Dibuka, Ribuan Atlet Wartawan Siap Berlaga

Siberkota.com, Malang – Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII Jawa – Timur (Jatim) yang digelar di Malang Raya (Kabupaten Malang, Kota Malang, Kota Batu) 21-27 November 2022 resmi dibuka, Senin 21/11/2022 pada pukul 19.45 malam.

Pembukaan Porwanas digelar di gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UNM), oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali bersama Plt Gubernur Jatim Emil Estianto Dardak dan Ketua Umum PWI Pusat Atal Sembiring Depari dengan menekan tombol sirine.

Pembukaan Porwanas 2022 Juga duhadiri Wali Kota Malang, Bupati Malang, dan beberapa kepala daerah Jatim. Hadir juga mantan menteri BUMN Dahlan Iskan yang didaulat untuk menyulut obor semangat Porwanas 2022 dan diterima oleh atlet dari Jatim.

Kegiatan Porwanas XIII Jatim tersebut diikuti Atlet Wartawan dari 35 Provinsi yang berjumlah 2021 atlet.

Menpora Zainuddin Amali dalam sambutannya sangat mengapreasiasi atas diselenggarakannya Porwanas 2022 Jatim. Dia mengatakan, Porwarnas ke-13 merupakan event olahraga antar wartawan nasional yang pelaksanaanya sudah lebih dari setengah abad.

“Kemenpora tentu akan mendukung event olahraga ini. Ke depan Kemenpora akan menggelar event olahraga antarmedia se-Indonesia,” jelasnya.

Ketua Pelaksana Porwanas XIII, Lutfil Hakim, dalam sambutannya mengatakan bahwa Jawa Timur telah menjadi tuan rumah untuk kedua kalinya.

“Dulu kita juga pernah menjadi tuan rumah pada tahun 1990, ketika ketua PWI nya pak Agil Haji Ali dan sekretarisnya pak Dahlan Iskan,” umgkapnya.

Porwanas XIII 2022 Jawa Timur imelibatkan lebih dari dua ribu wartawan sebagai altet yang akan bertanding di 10 nomor lomba yang dipertandingkan.

“Di Porwanas kali ini ada sebanyak 35 Provinsi di Indonesia, dan total ada sebanyak 2021 atlet yang ikut bertanding,” terangnya.

Lutfil berharap ribuan wartawan yang datang dari seluruh Indonesia ini akan mampu mengangkat perekonomian di Jawa Timur.

“Bukan hanya bertanding tetapi juga melalu Porwanas bagaimana kita bisa mengangkat perekonomian khususnya di Malang Raya ini,” tandasnya.

Sebelumnya para undangan dan para peserta kontingen dari masing masing daerah juga dihibur oleh Totok Tewel, pentolan Elpamas yang juga salah satu gitaris ternama Tanah Air.

Tidak hanya itu berbagai atraksi tarian khas Jawa Timur juga ditampilkan secara spektakuler yang melibatkan 350 pelajar SMP dan SMA Malang Raya betema “Journey Of Nusantara” dihadirkan dengan spektakuler dalam menghibur kontingin PWI di Indonesia. Turut hadir sebagai bintang tamu pelawak asal magetan Lies Hartono yang akrab disapa Cak Lontong.

“Luar biasa, seluruh wartawan dari Sabang sampai Merauke hadir di sini. Tetapi yang hadir dari Sabang sampai di sini,” kata Cak Lontong. Diiringi gelak tawa yang hadir.

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.