siberkota
Mengupas Tuntas Informasi

Pencaker Meningkat di Kab. Tangerang, Disnaker Kembangkan Aplikasi Siap Kerja

Siberkota.com, Kabupaten Tangerang – Angka pencari kerja terus meningkat tiap tahunnya membuat Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang melakukan inovasi dalam memaksimalkan pelayanannya bagi masyarakat, yakni dengan menciptakan Aplikasi Siap Kerja (Sistem Informasi Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan).

Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja, Disnaker Kab. Tangerang,
Iis Kurniati mengatakan aplikasi ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2020 dan terus mengalami pengembangan serta modifikasi terhadap fiturnya sebagai penunjang dalam mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

“Awal diluncurkan hanya untuk mempermudah pembuatan AK1 (Kartu Kuning) dimasa Pandemi menghindari Kerumunan, seiring waktu kami terus menambah fitur baru dalam aplikasi ini, terutama dalam mempermudah para pencari kerja,” ungkap Iis, saat ditemui, Kamis, (10/3/2022).

Dikatakan Iis sampai dengan saat ini yang mengunduh aplikasi tersebut sudah mencapai angka 30 Ribu 396 orang dan didalamnya tergabung sebanyak 300 perusahaan besar Kab. Tangerang.

“Fungsinya seperti Jobfair virtual, jadi si perusahaan kita undang ikut gabung ke aplikasi siapkerja ini dan diharapkan menayangkan lowongan pekerjaan,” terangnya.

Iis mengungkapkan selain untuk menginformasikan lowongan pekerjaaan, aplikasi ini juga digunakan sebagai sarana pelaporan keberadaan tenaga kerja asing yang berkerja di Kabupaten Tangerang.

“Dengan Aplikasi ini otomatis jumlah tenaga asing di tiap perusahaan lebih mudah didata,” tuturnya.

Lanjut kata Iis, untuk para calon tenaga kerja yang ingin mendaftar terlebih dahulu tentunya melakukan pendaftaran akun lalu setelah itu akan diminta mengisi beberapa data diri serta mengunggah beberapa persyaratan berupa foto, KTP, Ijasah, Daftar Riwayat Hidup, serta surat keterangan domisili bagi warga berKTP di luar wilayah Kabupaten Tangerang.

“Kita masih welcome buat pencaker di luar Kab. Tangerang, namun syaratnya harus mempunyai surat domisili, walaupun KTP nya ber-alamat luar wilayah,” tandasnya.

Diinformasikan juga olehnya untuk yang ingin mengakses layanan siapkerja ini, para calon tenaga kerja bisa mendownload aplikasi siapkerja di Google Playstore di handphone masing-masing, atau bisa juga diakses melalui siapkerja.tangerangkab.co.id.

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.

G-9QEVPDG5HT