Manfaat dan Resiko Penggunaan Teknologi Robot 

SiberKota.com – Pada zaman modern ini, segala sesuatu yang berhubungan dengan manusia telah beralih dari tradisional ke arah modern, ini terjadi karena adanya perkembangan teknologi yang sangat berperan penuh dalam perkembangan kehidupan manusia saat ini.

Di era seperti saat ini, mungkin hampir sebagian penduduk di seluruh dunia termasuk di Indonesia sendiri pun sudah menikmati kemajuan teknologi.

Salah satu contoh teknologi saat ini yang berkembang pesat adalah teknologi robot. Robot adalah bagian dari perkembangan teknologi yang semakin maju.

Robot terus dikembangkan untuk membantu berbagai pekerjaan manusia, dari pekerjaan sederhana, hingga pekerjaan yang cukup berat.

Pasalnya, robot tak hanya bergerak dengan kecepatan yang konsisten, tapi juga mampu berfungsi di luar jam kerja untuk memenuhi tenggat waktu produksi.

Robot dalam Dunia Industri

Pekerjaan-pekerjaan yang dahulunya manusia kerjakan, saat ini sudah dapat menggunakan tenaga robot, sehingga lebih efektif dan efesien.

Ketersediaan berbagai macam jenis komponen elektronika menjadi suatu pendukung yang utama di dalam pembuatan sebuah robot.

Di dalam dunia perindustrian khususnya pabrik, sudah banyak tenaga manusia yang diubah menjadi tenaga robot.

Integrasi teknologi robotika dalam kehidupan sehari-hari telah memberikan dampak positif dalam menunjang aktivitas manusia sehingga pekerjaan lebih cepat selesai.

Namun, implementasi teknologi baru seringkali menciptakan pekerjaan baru yang memerlukan keterampilan yang berbeda.

Ini menciptakan peluang bagi pekerja manusia untuk bekerja sama dengan teknologi.

Namun, dibalik terciptanya teknologi canggih robot tersebut, adanya resiko kerugian di dunia industri, antara lain:

-Peningkatan biaya investasi: merupakan tandingan finansial terhadap robot industri, dengan gagasan bahwa perusahaan manufaktur akan menghabiskan hutang mereka dengan berinvestasi pada teknologi robot.

Perusahaan yang tidak memiliki pendanaan bahkan mungkin akan bangkrut karena upayanya untuk mengikuti tren industri dibandingkan melanjutkan operasi normalnya.

-Teknologi tersebut juga banyak membuat manusia kehilangan pekerjaan, jadi menambahnya jumlah pengangguran. Karena semua pengerjaan oleh robot.

Robot dalam Kehidupan Rumah Tangga

Teknologi robotika juga telah menjangkau di rumah tangga dan pendidikan. Berbagai macam jenis robot, desain dan penciptaannya untuk berbagai keperluan dalam meningkatkan pekerjaan manusia.

Salah satu kecanggihan teknologi yang memudahkan pekerjaan manusia adalah robot asisten rumah tangga.

Robot dapat membantu meningkatkan kualitas hidup manusia dengan membantu mereka dalam tugas-tugas sehari-hari.

Contohnya, robot asisten rumah tangga dapat membantu manusia dalam membersihkan rumah, memasak makanan, atau mengambil barang-barang di rak.

Akan tetapi, ada juga kerugian dari munculnya robot di rumah tangga, yaitu menumbuhkan rasa malas terhadap manusia.

Karena mereka berfikir semuanya sudah ditangani oleh robot, jadi muncul rasa malas untuk melakukan segala aktifitas di rumah.

Robot dalam Dunia Pendidikan

Sedangkan, di dunia pendidikan robotika adalah bidang yang berkembang di mana robot mengajarkan mata pelajaran kepada siswa sambil berinteraksi dengan mereka melalui fitur wajah mirip manusia dan teknologi persepsi emosi.

Asisten pengajar, tutor pribadi, pemimpin kelompok kecil, dan rekan pembelajar adalah beberapa peran yang dimainkan robot.

Meskipun robot menjadi populer di bidang STEM (Science, Technology, Engineering dan Math), robot juga dapat mengajarkan disiplin ilmu humaniora seperti pembelajaran bahasa.

Salah satu contoh manfaat robotika dalam Pendidikan ialah mengambil langkah besar dalam industri pendidikan dan mengembangkan keterampilan sosial anak-anak.

Kemudian, mempersonalkan pelajaran melalui interaksi satu lawan satu, serta mengambil peran lain untuk meringankan beban kerja guru yang berat.

Akan tetapi, keberadaan robotika di dunia pendidikan akan menyebabkan adanya penyalahgunaan robot tersebut dalam pendidikan.

Kurangnya regulasi dan standar yang mengatur pengembangan dan penggunaan robot di bidang pendidikan.

Hal ini bisa menyebabkan robot tidak memenuhi kriteria kualitas, akurasi, keamanan, dan transparansi yang diperlukan untuk mendukung proses pembelajaran.

Pengaplikasian robot dalam berbagai aspek kehidupan sangat membantu dan mempermudah manusia dalam melakukan aktifitasnya.

Seperti halnya pada restoran yang tingkat kesibukannya tinggi, akan membutuhkan banyak tenaga manusia untuk mengantar makanan pada customer atau pembeli.

Dengan adanya robot sebagai pelayan, maka hanya membutuhkan beberapa pelayan dan chef saja untuk mengatur jenis menu yang pengantaran ke customer dengan robot.

Sehingga, dengan cara ini restoran dapat menghemat tenaga kerjanya dan dengan mempekerjakan robot, maka biaya operasional pada restoran tersebut dapat berkurang, serta menghemat tenaga kerja untuk bagian pelayanan.

Robot dalam Dunia Kedokteran

Penggunaan robot dalam dunia kedokteran juga terus berkembang pesat seiring dengan kemajuan teknologi.

Meskipun memberikan banyak manfaat, penggunaan robot dalam kedokteran juga memerlukan perhatian terhadap etika, keamanan, dan regulasi untuk memastikan penggunaannya yang aman dan efektif.

Salah satu contohnya ialah Asistensi pada Penelitian Medis, robot dapat mereka gunakan dalam penelitian medis dan untuk membantu mengumpulkan data.

Selain itu, Asistensi robot di dunia kedokteran ini dapat melakukan eksperimen, atau bahkan menyajikan solusi untuk permasalahan tertentu.

Kesimpulannya, hadirnya robot di dunia industri bermanfaat membantu mengurangi biaya produksi. Manfaat robot juga dapat menggantikan pekerja manusia dalam tugas-tugas yang sederhana dan berulang.

Hal ini dapat membantu mengurangi biaya tenaga kerja dan meningkatkan efisiensi produksi.

Penulis: Adam Geafari Ramadhan

Mahasiswa Unpam Prodi Teknik Elektro

Baca berita SiberKota lainnya, di Google News

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.