Bawaslu Kabupaten Serang Undang ASN yang Pasang Spanduk Caleg, Ngakunya Bukan Dia

SiberKota.com, Serang – Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Serang, Arie Setiawan menyatakan, pihaknya telah mengundang Aparatur Sipil Negara (ASN) Kecamatan Gunung Sari yang kedapatan memasang spanduk Calon Anggota Legislatif (Caleg) tepat di depan rumahnya.

“Saya mendapatkan informasi dari teman-teman Panwascam Gunung Sari sudah mengundang ASN yang bersangkutan untuk dimintai keterangan,”ujar Arie, Senin (18/12).

Dari penelusuran awal Bawaslu, ucap Arie, ASN itu mengakui, pemasang spanduk caleg tersebut bukan dia yang melakukannya, namun orang lain.

Hingga akhirnya, pihak Bawaslu memberikan himbauan, guna pencegahan pelanggaran Pemilihan Umum (Pemilu).

“ASN itu sudah kami himbau, karena di Bawaslu sendiri ketika mendapatkan informasi itu kita melakukan penelusuran kemudian upaya pencegahan,” ungkapnya.

Saat ditanyai tempat tugas ASN tersebut, Arie mengaku bahwa pihaknya belum mengetahui.

Selain itu, Arie juga belum mengetahui tentang spanduk Caleg yang ASN pasang itu berada pada tingkatan Kabupaten/Kota atau Provinsi.

“Saya tidak tahu apakah Caleg nya ini DPRD Provinsi atau Kabupaten/Kota,” singkatnya.

Terlepas ketidaktahuannya, Arie menegaskan bahwa sebagai abdi negara harusnya menjunjung tinggi netralitas dalam Pemilu.

“Tetapi apapun partainya, berbicara soal ASN itu mau yang dia pasang spanduknya itu Capres atau Caleg, ketentuan yang berkaitan dengan netralitas itu harus dijaga,” tegasnya.

Perubahan UU Netralitas ASN

Berbicara sanksi pelanggaran netralitas ASN, Arie menyatakan memang kewenangannya ada pada lembaga yang menaungi ASN itu sendiri.

Arie juga mengungkapkan, tengah mendiskusikan atas perubahan UU ASN dari UU No 5 berubah menjadi UU No 20 Tahun 2023.

Pasalnya, kelembagaan yang menindaklanjuti rekomendasi pengawasan Pemilu berkaitan Netralitas ASN, telah hilang pasca perubahan UU tersebut.

“Per hari ini, kami juga sedang berkonsultasi. Komisi ASN itu kan hilang dari undang-undang terbaru, ini sedang di diskusikan,” ungkapnya.

Kendati begitu, Arie menegaskan, Bawaslu Kabupaten Serang yang sebagai pelaksana UU, akan melaksanakannya sesuai dengan ketentuan.

“Berbicara mekanisme selanjutnya apa yang kemudian kita lakukan, kalau kami sebagai pelaksana undang-undang akan melaksanakan sebagaimana ketentuan saja,” tandasnya.

Baca berita SiberKota lainnya, di Google News

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.