Tekan Angka Kekerasan di Sekolah, Pemkab Tangerang Bentuk TPPK

SiberKota.com, Kabupaten Tangerang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melantik Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK) pada satuan pendidikan tingkat kabupaten.

Pelantikan ini berlokasi di Gedung Serba Guna (GSG) Tigaraksa, Jalan Somawinata, Kelurahan Kadu Aging, Senin (29/1).

Penjabat (Pj) Bupati Tangerang, Andi Ony Prihartono menyatakan bahwa TPPK ini baru terbentuk melalui pihaknya, Dinas Pendidikan.

Andi menyebutkan, pembentukan TPPK ini merupakan langkah upaya menekan angka kasus kekerasan dan perlindungan terhadap anak.

Pasalnya, kasus kekerasan terhadap anak di Kabupaten Tangerang, terhitung pada tahun 2023 mencapai 103 kasus.

“Seperti amanat Undang-undang bahwa segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia berhak mendapatkan perlindungan dalam tindak kekerasan,” ucapnya.

Ke depan, Andi berharap dengan pembentukan TPPK ini dapat menghilangkan segala perundungan dan tindak kekerasan di tingkat sekolah.

“Kami berharap dengan adanya tim satuan tugas ini, kekerasan dan perundungan di tingkat sekolah dapat berkurang, bahkan hilang,” tandasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Dadang Gandana mengungkapkan, terdapat 10 orang dalam TPPK tingkat Kabupaten Tangerang ini.

Selanjutnya, ucap Dadang, akan ada pembentukan satuan tugas (satgas) TPPK di setiap sekolah, mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Untuk satgas TPPK di setiap sekolah ini, yang bertugas adalah stakeholder di masing-masing sekolah, serta wali murid.

“Tim pencegahan dan penanganan tindak kekerasan ini kita bentuk di tingkat kabupaten dulu. Nanti, di masing-masing sekolah ada lagi satuan tugasnya,” ungkapnya.

Baca berita SiberKota lainnya, di Google News

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.