Rencana Pembentukan DMS, Menkominfo: Spiritnya Kayak Dewan Pers

SiberKota.com, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memilki rencana akan membentuk Dewan Media Sosial (DMS).

Hal tersebut bertujuan untuk melakukan perlindungan bagi anak dari kekerasan dan bullying di dunia digital.

Menteri Kominfo, Budi Arie Setiadi menyatakan, rencana tersebut masih dalam ranah diskusi dengan banyak pihak.

“Gini loh soal dewan media sosial ini kita masih mendiskusikan ke banyak pihak, kalau ini dalam tahap masih didiskusikan. Karena itu saya mau menjelaskan dulu, dewan media sosial ini bukan diskusi datang sama saya di pinggir jalan atau di warung kopi, ini diskusi dari kajian akademiknya Unisco tentang bagaimana perkembangan sosial media di dunia yang perlu diantisipasi,” ungkap Budi di ruang rapat Komisi I gedung Nusantara II DPR RI, Senin (10/6).

Perihal pembentukan DMS oleh Kominfo ini, Budi menegaskan, prinsipnya adalah dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat.

Sehingga, rencana pembentukan DMS ini, perlu banyak masukan dari banyak pihak, agar menjadi bahan yang matang.

“Nah makanya dia memberi nama Unisco usulan sosial media consiel yang kalau diterjemahkan dalam bahasa indonesia jadinya dewan media sosial. Tapi spiritnya adalah dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat lah pokoknya,” jelasnya.

Menurut Budi, fungsi dari Dewan Media Sosial ini nantinya akan sama seperti Dewan Pers.

“Ini perkembangan sosial media kedepannya  kan perlu berbagai lembaga atau badan yang bisa menjadi rujukan, loh. Pokoknya spiritnya sama kayak dewan pers, apanya semuanya dari masyarakat juga. Dewan media sosial bukan sesuatu yang apa kalau dipelintir-pelintir untuk mengekang segala macam, enggak dong. Yang pasti kan anak-anak harus kita lindungi,” pungkasnya.

Baca berita SiberKota lainnya, di Google News

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.