Peserta Mudik Kereta Jarak Jauh Lampaui Target

Siberkota.com, Jakarta – Selama masa mudik Lebaran 2023, tercatat terjadi penjualan 3,2 juta tiket kereta api jarak jauh. Jumlah itu melibihi kuota yang sebelumnya disediakan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI.

Pada periode keberangkatan angkutan Lebaran 14 April – 2 Mei 2023, PT KAI sempat menyiapkan 3.065.000 tiket kereta api jarak jauh bagi pemudik.

“Dari tiket kereta api jarak jauh yang disiapkan 3.065.000 tiket,realisasi sudah mencapai 3,2 juta. Artinya, tiket yang terjual mencapai 105%,” jelas Vice President Public Relations KAI, Joni Martinus, Selasa (2/5/2023).

Dipaparkan lebih lanjut, dari 3,2 juta tiket kereta api jarak jauh yang ludes terjual, 1,6 juta tiket untuk keberangkatan arus mudik Lebaran dan 1,6 juta untuk arus balik. Jumlah tersebut masih akan bertambah, karena penjualan masih terus berlangsung.

“Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal alternatif atau memanfaatkan fitur connecting train di aplikasi KAI Access untuk membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan,” bebernya.

Berdasarkan hasil evaluasi, lonjakan jumlah pembelian tiket terjadi lantaran banyaknya penumpang dinamis yang naik dan turun sepanjang jalur kereta jarak jauh. Dalam arti kata, satu kursi kereta dari titik pemberangkatan hingga tujuan akhir dapat diisi lebih dari satu penumpang.

“Misalnya, ada penumpang kereta dari Jakarta menuju Malang, lalu turun di Cirebon dan kemudian berangkat dari Cirebon lalu ke Semarang, turun lagi lalu ke Surabaya atau Malang,” terang Joni.

Tercatat, tren tanggal keberangkatan kereta api jarak jauh yang menjadi favorit dipesan terjadi pada 19 April 2023 dengan 161.039 penumpang. Untuk pasca Lebaran, tiket yang paling banyak dipesan itu pada 25 April 2023 dengan 201.890 penumpang.

“Lalu, periode sebelum Lebaran, didominasi oleh penumpang dari arah barat yakni dari Jakarta atau Bandung menuju arah timur atau Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sedangkan, untuk periode setelah Lebaran didominasi oleh penumpang dari arah timur atau dari Jawa Tengah dan Jawa Timur menuju arah barat,” tutup Joni.

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.