Optimalisasi Ramah Disabilitas, Ini yang Dilakukan Pemkot Bekasi

SiberKota.com, Kota Bekasi – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi akan terus berupaya mengoptimalisasikan program-program kerja ramah disabilitas di wilayah Kota Bekasi.

Hal itu terucap dari Pj Wali Kota Bekasi, Raden Gani Muhammad saat menghadiri Focus Group Discussion (FGD) yamg diselenggarakan oleh Ikatan Wartawan Online (IWO) Bekasi.

Gani menyebutkan, berdasarkan data dari dinas terkait, terdapat kebijakan-kebijakan program rehabilitasi yang berhasil berjalan pada tahun 2023.

“Sebagaimana Pak Kadis sampaikan, program rehabilitasi sosial itu sudah berjalan di tahun 2023,” ujarnya di Kantor DPD IWO Kota Bekasi

Pada setiap OPD Kota Bekasi juga telah memberikan fasilitas pelayanan ramah disabilitas, sebagai wujud kepedulian Pemkot terhadapnya.

“Misalkan di Mal-Mal, pelayanan publik. Kami sempat berkunjung ke beberapa Kecamatan dan juga kantor-kantor dinas loket-loketnya ramah disabilitas,” tuturnya.

Bahkan, Pemkot Bekasi melalui Dinas Sosial juga telah mengadakan pelatihan bahasa isyarat.

“Ini sebagai langkah persiapan untuk penerjemah ke dalam bahasa isyarat. Menurut saya perlu terus ada tindaklanjutnya,” ungkapnya.

Ke depan, Gani akan memberikan beberapa bantuan yang bersifat konkret kepada penyandang disabilitas.

Sehingga, konteks pembangunan ramah terhadap disabilitas ini selau tercapai di Kota Bekasi.

“Misalkan bantuan kursi roda, bantuan kaki palsu, terus bagi rekan-rekan kerja disabilitas yang mempunyai talent bisnis melalui UMKM juga kita dukung, supaya activity bisnisnya tetap bisa berjalan dengan baik,” tandasnya.

Sementara,  Komisi IV DPRD Kota Bekasi, Evi Mafriningsianti menyebutkan, hingga kini penyandang disabilitas di Kota Bekasi berjumlah sebanyak 3.600 orang.

Dengan kata lain, penyandang disabilitas di Kota Bekasi mencapai lebih dari 12 persen dari total keseluruhan penduduk Kota Bekasi.

Oleh sebabnya, Evi meminta kepada Pj Wali Kota Bekasi, untuk serius dalam mengganggarkan APBD bagi penyandang disabilitas.

“Satu hal yang saya sampaikan, kepada Pak Pj, ini harus menjadi keseriusan untuk menganggarkan juga. Ada 3.600 loh penyandang disabilitas yang juga punya hak untuk APBD,” tegasnya.

Baca berita SiberKota lainnya, di Google News

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.