Indeks Kerawanan Pemilu Kota Serang Tinggi, Ini Langkah Bawaslu!

SiberKota.com, Kota Serang – Komisioner Bawaslu Kota Serang, Fierly Mabruri menyatakan, Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) di wilayah Kota Serang cukup tinggi.

Oleh karenanya, Fierly berkomitmen untuk mencegah adanya politik uang, pemungutan suara ulang (PSU), dan memastikan netralitas ASN.

Dalam hal ini, Fierly akan lebih fokus mengawasi tahapan kampanye, rekapitulasi, pemungutan, dan penghitungan suara.

Lebih jauh, Fierly juga mengungkapkan, konsentrasi pengawasannya ialah pada politik uang dan adanya PSU di sejumlah TPS.

“Pengalaman empiris 2014, 2019, dan 2018 Pilkada, adanya politik uang, netralitas ASN, dan PSU,” katanya di Kantor Bawaslu, Senin (28/12).

Selain itu, Bawaslu Kota Serang juga akan mengawasi dana kampanye partai politik.

Caranya, dengan menekankan pentingnya pengungkapan Rencana Awal Dana Kampanye (RADK) dan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK).

“RADK sudah, rekeningnya kita buka H-1 (27 November 2023). Kalau LADK tanggal 7 Januari 2024,” jelasnya.

Fierly berpesan, untuk LADK agar para pelapor menginventarisir terlebih dahulu, sebelum menyerahkan bukti laporan.

“Kemarin saya minta segera inventarisir hasil kegiatannya, sehingga tanggal 7 November nanti tinggal dilaporin ke Kantor Akuntan Publik,” ungkapnya.

Fierly mengungkapkan, hingga tahun 2023, Bawaslu Kota Serang telah mengawasi 134 aktivitas kampanye.

Menurut Fierly, dalam pengawasan yang bersifat materi seperti pembagian kaos, stiker, gelas, dan lain sebagainya, pihaknya bisa langsung mengestimasi.

Namun, lanjut Fierly, pengawasan ini lebih menekankan pada identitas penyumbang dan batasan besaran dana secara kuantitatif.

“Secara materi bisa lah langsung kita estimasi. Itu kan terhitung berapanya. Nah, fokus kita di identitas penyumbang dan besarnya dana kampanye. Kan, ada yang besarannya dilarang, besaran secara kuantitatif dibatasi, baik untuk perorangan maupun kelompok,” terangnya.

Baca berita SiberKota lainnya, di Google News

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.