siberkota
Mengupas Tuntas Informasi

Cegah Banjir, DLH Tangsel Pasang Ini di Sungai

Siberkota.com, Tangerang Selatan – Sampah adalah menjadi persoalan utama yang bisa menyebabkan banjir akibat tersumbat di aliran sungai ketika musim hujan seperti sekarang ini.

Untuk mengantisipasi terjadinya banjir itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Selatan memperhatikan keberadaan sampah khususnya di Sungai atau Kali. Bahkan, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, DLH melakukan pencegahan dengan memasang Kubus Apung di beberapa titik sungai yang berfungsi untuk menghambat sampah yang hanyut, sehingga mudah untuk dibuang ke tempat pembuangan akhir.

“Kalau terkait sampah yang ada di sungai, kita mengatasinya dengan memasang Kubus Apung,” ungkap Rastra Yudhatama selaku Kepala Seksi Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel, Senin (25/10/2021).

mengatakan sungai yang dipasang kubus apung tersebut ialah sungai di Perumahan Bukit Nusa Indah dan perumahan Ciputat Baru.

Yudha mengatakan, untuk tahun ini pihaknya sudah memasang kembali pada dua sungai di Tangsel yaitu, Sungai di Perumahan Bukit Nusa Indah Serua dan Sungai di Perumahan Ciputat Baru. Pihaknya melakukan pemasangan di sana karena rawan banjir yang disebabkan oleh sampah yang menghambat aliran sungai.

“Jadi tujuannya mencegah penumpukan sampah yang ada di sungai, karena kan kalau sampah pada numpuk di sungai bisa bikin banjir,” terangnya.

Lebih lanjut, Yudah menjelaskan, selain itu, fungsi pemasangan kubus apung juga mempermudah kerja petugas kebersihan yang akan membersihkan sampah di sungai tersebut.

“Itu juga mempermudah petugas kebersihan kami juga membersihkan dan mengambil sampah di sungai tersebut, bisa berdiri di atas kubus tersebut. Kalau gak ada itu kan petugas takut terbawa arus juga saat membersihkan.” pungkasnya.

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.

G-9QEVPDG5HT