siberkota
Berita Terkini Hari Ini

Taman Wisata Sungai Mudal, Sebongkah Surga Dikawasan Yogyakarta

Siberkota.com, Jogjakarta – Buat kalian yang akan datang ke Yogyakarta mungkin tempat wisata ini bisa jadi alternatif. Adalah Taman Sungai Mudal berada tepat di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.

Bukan sembarang berwisata, namun Taman Sungai Mudal memberikan sisi edukatif terhadap pengunjung yang datang. Yang mana, terdapat kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan, menjunjung tinggi konservasi hingga memberdayakan masyarakat sekitar.

Itulah yang diterapkan pengelola dengan bekerjasama berbagai pihak dari swasta maupun pemerintah. Dalam taman tersebut terdapat museum anggrek, tempat camping, meeting room, taman pohon yang terdapat nama ilmiah, monumen, asuransi dan guide handal. 

Pengunjung yang merindukan suasana alam pasti akan betah berlama-lama di sini. Pasalnya, Ekowisata Sungai Mudal berada di sekitar 600 meter diatas permukaan laut sehingga udaranya masih terasa sejuk.

Selain itu, ada juga fasilitas tiga kolam alami di Ekowisata Sungai Mudal. Ada kolam yang punya kedalaman 1 meter, 1,5 meter dan 2 meter.

Selain airnya yang masih jernih dan lingkungannya yang masih terasa asri, Ekowisata Sungai Mudal juga punya banyak spot instagramable dan wahana permainan seperti flying fox dan outbound.

Mata Air Mudal terletak di perbatasan Pedukuhan Gunungkelir dan Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kulonprogo, DIY. Ekowisata ini pada awalnya merupakan kegiatan rutin dari masyarakat Pedukuhan Banyunganti, khususnya RW 05 dan sekitarnya mulai awal 2011 lalu berupa gerakan kebersihan mata air dan bantaran daerah aliran sungai Mudal.

Selain itu diatas mata air Mudal terdapat pula tebing yang disebut Watu Wayang oleh warga setempat, karena menyerupai kelir wayang dengan hamparan datar batu kapur di Gunung Kelir. Konon di tebing yang bisa menampung 100 orang ini terdapat gambar wayang. Di tebing tersebut juga muncul ratusan kera ekor panjang bergelantungan  mencari makan buah dan dedaunan.

Tak hanya itu, pecinta kuliner pun akan dimanjakan oleh hidangan disana karena disediakan warung-warung nuansa vintage pedesaan. Dapat dinikmati setelah bermain air diatas, dengan memesan berbagai menu yang memberikan rasa hangat dalam tubuh.

Untuk harga jangan khawatir, karena pengelola telah menghimbau bagi warga yang menjajakan dagangan disana agar memberikan harga yang relatif murah.

Bagi Anda yang penasaran akan keindahan wisata hits dan terbaru di Jogja. Harga tiket retribusi Wisata Ekowisata Taman Sungai Mudal relatif terjangkau, yaitu:

-Rp 10.000,- untuk tiket masuk

-Rp 2.000,- untuk parkir sepedah motor

-Rp 5.000,- untuk parkir mobil

-Rp 15.000,- untuk bermain wahana Flaying Fox dan River Tubing

-Rp 5.000,- untuk sewa pelampung

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.