Pj Gubernur DKI Resmikan TPS 3R Siaga di Pejaten Barat Jakarta Selan.

SiberKota.com, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengadakan peresmian Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R) Siaga.

TPS 3R yang baru Pj Gubernur DKI, Heru Budi Hartono resmikan itu berlokasi di Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Heru menyatakan, TPS 3R tersebut merupakan mini Refused Derivied Fuel (RDF) yang akan menghasilkan pengolahan sampah 50 ton per hari.

Pasalnya, ini adalah peresmian kedua kalinya TPS 3R tingkat Kelurahan yang bisa mengolah sampah sebanyak 50 ton per harinya.

“Jadi, sekitar Kelurahan Pejaten Barat, bisa mengolah 50 ton sampah dengan konsep seperti RDF, ya,” ucapnya di lokasi, Jumat (16/2).

Heru mengungkapkan, hasil dari pengolahan sampah itu, pihaknya akan menjual kepada penampung atau offtaker yang sudah menjalin kerjasama.

“Hasilnya dibeli oleh offtaker yang memang sudah kerjasama dengan Pemda DKI atau QQ (Qualitate Qua) Dinas Lingkungan Hidup (DLH),” terangnya.

Heru menyatakan, tujuan adanya pembangunan TPS 3R Siaga ini, guna meminimalisir sampah TPST Bantar Gebang.

Untuk itu, ia berharap, pembangunan TPS 3R Siaga ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dalam mengurangi sampah di tempatnya.

“Semoga apa yang rekan-rekan para pejabat Dinas Lingkungan Hidup lakukan, dapat bermanfaat bagi masyarakat untuk mengurangi sampah di tempatnya,” pungkasnya.

Sementara, Kepala DLH DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengutarakan bahwa TPS 3R ini sudah dapat menghasilkan.

 Asep merincikan, harga jual yang tertera ialah paling rendah 24 USD dan paling tinggi mencapai 44 USD.

Untuk harga jual yang telah pihak DLH lakukan saat ini sudah berkisar di angka 30 USD.

“Alhamdulillah, kita sudah tanda tangan PKS lagi untuk pembeliannya dengan offtaker. Kita udah mulai dapat penerimaan dari penjualan RDF,” jelasnya.

Baca berita SiberKota lainnya, di Google News

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.