siberkota
Berita Terkini Hari Ini

Dirut Perumda Pasar NKR Bantah Ada Dugaan Kebocoran PAD di Pasar Curug

Siberkota.com, Kabupaten Tangerang – Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Niaga Kerta Raharja (NKR), Finny Widiyanti membantah adanya kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam pengelolaan pasar Curug Kabupaten Tangerang.

Finny menyebut pungutan yang dituduhkan sebagai kebocoran PAD merupakan bentuk kemitraan swakelola yang dilakukan oleh pihaknya dengan putra daerah setempat dalam mengelola pendapatan dari sektor kebersihan ataupun yang lainnya.

“Masa lalu itu, systemnya kami masih memperdayakan putra daerah, jadi sifatnya Swakelola,” kata Finny kepada wartawan, Senin, (19/9/2022).

Walau Finny tidak dapat memaparkan dasar aturan swakelola itu, Namun, ia mengaku dalam swakelola perorangan ini memang sangat rentan terjadinya kesalahpahaman dalam teknis pengelolaan pasar.

Dengan ini, lanjut Finny, nantinya untuk menjadi mitra PD pasar kedepannya harus memiliki badan hukum, minimal perusahaan berbentuk CV.

“Biar lebih tertib, kedepannya mitra PD pasar harus berbadan hukum, karena kami juga berbadan hukum jadi ‘Business to Business,” ungkapnya.

Lebih jauh Finny menuturkan meski saat ini PD pasar bermitra dengan perorangan, ia memastikan segala bentuk pungutan yang dilakukan oleh mitranya (BosDom) itu dapat dipertanggungjawabkan oleh PD Pasar NKR.

“Kita itu gak ada kuitansi retribusi ataupun kontribusi, PD Pasar NKR adalah Swasta murni, sangkutan dengan pemerintah daerah hanya karena pemodal nya Bupati,” ucapnya.

Kemudian, saat disinggung berapa besaran nominal yang dihasilkan dari pungutan dalam pengelolaan pasar Curug, Finny belum mau berkomentar atas hal tersebut.

Sementara itu, Dewan Pengawas Perumda Pasar NKR, Uyung Mulyardi meminta kepada semua pihak terkait untuk melapor jika ada temuan ataupun pelanggaran yang dilakukan jajaran Direksi PD Pasar dalam mengambil langkah kebijakan diluar dari aturan yang telah ditentukan Pemerintah Daerah.

“Saya minta kepada semua pihak terkait, khususnya mitra Perumda Pasar NKR, untuk melapor ke Dewan Pengawas jika ada pelanggaran,” tandasnya.

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.