Sifat Agamais dan Jiwa Sosial Sandiaga Jadi Lirikan DPW NasDem Banten

Siberkota.com, Banten – Seluruh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem baru-baru ini telah menyerahkan daftar usulan nama Calon Presiden (Capres) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 ke tingkat pusat. Dari 34 DPW, ada yang menarik dimana terdapat nama Menteri  Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno yang diusulkan DPW Partai NasDem Provinsi Banten.

Masuknya nama Sandiaga dalam daftar nama pencalonan di jajaran partai berlambang Rotasi Biru di Banten itupun memiliki alasan cukup kuat. Sikap dasar dan kedekatannya dengan masyarakat yang dimiliki Sandi sapaan akrab Sandiaga dinilai menjadi modal penting untuk sosok calon pemimpin di negeri ini.

“(Alasan mengusulkan pencapresan Sandiaga di Banten) yang pertama Sandi itu agamais ya, lalu yang kedua dia itu dekat dengan masyarakat,” tegas Sekjen DPW Partai NasDem Banten Aris Halawani, Rabu (22/6/2022).

Untuk membuat sebuah kebijakan, lanjut Aris, Partai NasDem tidak sebatas melaluinya sebatas dari internal partai, namun juga mempertimbangkan suara rakyat. Tak dipungkiri, kendati tidak secara menyeluruh, ia melihat banyak pula keinginan masyarakat Banten atas kepemimpinan Sandiaga.

“Dia (Sandiaga) dekat juga dengan ulama, sering berkunjung (ke Banten),” ujar Aris.

Terkait daftar usulan nama Capres, Partai NasDem sebelumnya menginstruksikan terhadap tiap DPW untuk mencantumkan sebanyak maksimal lima nama. Di Banten sendiri, seperti diketahui ada nama Anies Baswedan, Erick Thohir, Sandiaga Uno, Andika Perkasa, serta Wahidin Halim.

“Karena ada aturan (usulkan nama calon) minimal tiga maksimal lima orang, untuk melengkapi saja. Daripada yang tidak jelas kan, Sandi lebih jelas gitu lho,” ungkapnya Aris.

Sebelumnya, sejumlah ulama, habib, dan pemuda Islam Indonesia yang tergabung dalam Ijtima Ulama Banten sempat memberi dukungan terhadap Sandiaga Uno menjadi presiden 2024. Salah satu dukungan seperti yang datang dari pimpinan Pondok Pesantren Cidahu Pandeglang, Abuya Muhtadi Dimyathi.

“Saya mohon Pak Sandiaga maju, jangan mundur. Saya mengajak umat Islam se-Indonesia untuk memilih Pak Sandiaga jadi presiden 2024,” ujar Abuya Muhtadi Dimyathi belum lama ini.

Hal itu sempat disampaikan dalam acara yang digelar di Gedung Sagara Lugina, Serang, Banten pada tanggal 25 Mei 2022.

Sementara itu, Pimpinan Pondok Pesantren Raodotul Ulum Pandeglang, Abuya Ade Dimyathi menilai Sandiaga sebagai sosok yang baik. Dia pun mendoakan Sandiaga menjadi presiden 2024.

“Kita doakan bersama. Menurut saya baik, insyaallah jadi pemimpin yang jujur dan sayang rakyat,” ujarnya.

Senada, Ketua Umum Mathla’ul Anwar, KH Embay Mulya Syarief menilai Sandiaga sebagai sosok yang rendah hati dan menghormati orang tua. Sehingga, dia berharap rakyat bisa menentukan pilihan terbaik untuk presiden 2024.

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.