Ratusan Peserta Pramuka dan OKP se-Tangsel Napak Tilas Kepahlawanan

Siberkota.com, Tangerang Selatan – Sebanyak 125 peserta dari unsur dewan kerja ranting Pramuka dan Organisasi Kepemudaan (OKP) se-Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengikuti napak tilas kepahlawanan di beberapa tempat bersejarah yang ada di Tangsel.

Kegiatan napak tilas ini dikaitkan Hut Pramuka ke-61 dengan tema “Mengabdi Tanpa Batas untuk Ketangguhan Bangsa”.

Adapun rute kunjungan napak tilas yang dilalui adalah Makam Pahlawan Seribu, Monumen Talaga Lengkong, dan Tugu Perjuangan Rakyat Serpong

“Nanti terakhirnya kita di Makam Pahlawan Seribu, kita akan adakan upacara tabur bunga. Kita ke makam pahlawan untuk menghargai jasa para pahlawan,” ucap Ilham Kabid Kepramukaan Dispora, di Plaza Pemkot Tangsel pada Senin (1/8/22).

Ilham juga mengucapkan rasa terimkasihnya kepada semua pihak atas terselenggaranya acara yang berlangsung selama 2 hari ini.

“Karena tanpa kita kerjasama atau kolaborasi, tidak akan ada artinya Dispora, tidak akam ada artinya Bidang Kepramukaan. Kita semua harus satu padu untuk menyamakan gerak dan langkah, untuk membina generasi muda ke depan yang lebih baik,” cetusnya.

Ilham berpesan kepada seluruh Pramuka Tangsel, agar tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) dimanapun dan kapanpun.

“Karena kita semua garda terdepan dalam penyebaran Covid-19. Semoga kesehatan dan keselamatan menyertai kita semua,” tandasnya.

Hala senada disampaikan oleh Mursinah, Kadispora Tangsel mengatakan bahwa diadakannya napak tilas ini untuk mengenang jasa pahlawan yang telah berjuang untuk merebut kemerdekaan dari penjajahan.

Mursinah juga mengatakan, napak tilas ini juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa patriotisme kepahlawanan dalam kehidupan.

“Yang harus tertanam di sanubari setiap anggota Pramuka yaitu jangan sekali-kali melupakan sejarah, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu mengenang jasa para pahlawan,” tegasnya.

Salah satu peserta napak tilas, Syahla rakasiwi dari SMK Kesehatan Riksa Indrya mengungkapkan, kegiatan napak tilas tersebut membuat dirinya mendapati pengalaman yang berharga dan pengetahuan baru.

“Ini baru pertama kalinya saya mengikuti kegiatan napak tilas. Seru banget sih, jadi tau budaya-budaya dan sejarah Kota Tangsel, menunjukan kebersamaan juga bahwa Pramuka itu satu. Itu yang saya suka dari acara ini,” ungkapnya.

Untuk diketahui, OKP yang mengikuti napak tilas ini diantaranya Cerdas Modern Religius (CMR), Keluarga Besar Putra-Putri (KBPP) Polri, dan Pramuka Pecinta Alam (Prapanca).

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.