PT SMI Kembali Kucurkan Pinjaman Investasi Rp2,9 Triliun di Tol Trans Sumatera

Siberkota.com, Jakarta – Guna mendukung realisasi proyek pembangunan Tol Trans Sumatera, PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) kembali menggulirkan dana pinjaman senilai Rp2,9 triliun. Dana pinjaman modal tersebut guna penyelesaian progres pembangunan ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung).

Kepala Divisi Pembiayaan 2 PT SMI Eri Wibowo mengutarakan, langkah ini sebagai salah satu bentuk komitmen pihaknya untuk terus mendukung percepatan pembangunan di Indonesia. Dimana keterlibatan perseroan diharapkan dapat menjadi katalis pengembangan wilayah di tanah Air dan ekonomi masyarakat.

“Selain itu juga membuka konektivitas dan aksesibilitas barang dan jasa di Pulau Sumatera,” ujarnya lewat siaran pers, Kamis (30/6/2022 ).

Kerjasama fasilitas pinjaman investasi PT SMI dan PT Waskita Sriwijaya Tol (WST)selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) milik PT Waskita Toll Road (WTR) ini berdasarkan kesepakatan memiliki tenor selama 15 tahun dengan grace periode selama 60 bulan dan suku bunga 9,25% p.a.

Lewat dana pinjaman itu, maka kebutuhan pembiayaan seluruh proyek ruas tol Kapal Betung sudah terpenuhi.

Sebelumnya, pemerintah juga telah menyalurkan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp3 triliun pada akhir tahun 2021 melalui PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT WTR, serta PMN berikutnya sebesar Rp2 triliun yang direncanakan akan diberikan pada tahun 2022.

Ditambahkan Dirut PT WST Herwidiakto, penandatanganan fasilitas pinjaman investasi atas ruas jalan tol Kapal Betung diharapkan dapat mempercepat proses pembangunan Ruas Kapal Betung Seksi II dan III.

“Kami sedang berupaya keras agar Ruas Kapal Betung dapat segera beroperasi secara penuh agar manfaatnya semakin dapat dirasakan oleh masyarakat, karena selain meningkatkan konektivitas antar wilayah di Sumatera, kehadiran Ruas Kapal Betung juga dapat memperlancar arus distribusi barang dan pusat industri,” terangnya.

Diketahui, ruas Tol Kapal Betung merupakan bagian dari ruas tol Trans Sumatera dengan total panjang 111,69 km. Sebelumnya, PT SMI juga telah memberikan dukungan fasilitas pembiayaan untuk pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera pada Ruas Tol Medan – Binjai, Palembang – Indralaya, Bakauheni – Terbanggi Besar, dan Terbanggi Besar – Kayu Agung.

Perseroan secara tidak langsung ikut membiayai porsi ekuitas untuk pembangunan Ruas Tol Pekanbaru – Dumai. Adapun ruas tol Kapal Betung terdiri dari tiga seksi, yaitu Kayu Agung – Kramasan, Kramasan – Musilandas, dan Musilandas – Betung.

Saat ini, ruas yang telah beroperasi sepanjang 42,5 km. Dimana ruas tersebut telah beroperasi sejak tahun 2020 dan mulai bertarif pada awal tahun 2021, sedangkan perkembangan konstruksi Seksi II dan III telah mencapai 35,98% dan ditargetkan akan selesai seluruhnya pada bulan Agustus 2023.

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.